Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Selatan, Muhammad Akbar secara langsung menyerahkan Surat Keputusan (SK) tentang izin pendirian Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) Balangan kepada Ketua Yayasan ITSM Balangan, Slametno, di Gedung 1 Sapta Mandiri, Paringin Selatan, Jumat (11/03/2022) kemarin.

Penyerahan SK tersebut, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Balangan, H. Supiani dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebeduyaan H Ribowo serta sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Balangan.

Wakil Bupati Balangan, H. Supiani mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh pendirian institut tersebut demi meningkatkan kualitas mutu penyelenggaraan pendidikan di daerahnya.

“Saya merasa bangga, karena pendirian Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) Balangan ini merupakan yang pertama di Kalsel. Mudah-mudahan, dengan berdirinya institut ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Supiani juga mengatakan kehadiran Institut Teknologi Sapta Mandiri Balangan ini sebagai hadiah spesial ulang tahun ke-19 Kabupaten Balangan.

“Keberadan ITSM Balangan ni juga akan menjadi catatan tersendiri di dunia pendidikan tinggi Kalsel sekaligus kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Balangan,” katanya lagi

Disebutkannya, keberadaan perguruan tinggi lokal ini dapat memberi harapan bagi masyarakat dalam sektor pendidikan, yaitu menambah peluang masyarakat Balangan untuk menempuh pendidikan tinggi tanpa harus ke luar daerah. Disisi lalin juga tambah dia, bisa mendorong pertumbuhan sektor ekonomi daerah, baik itu mikro maupun makro.

“Sebagai bentuk dukungan terhadap keberadaan perguruan tinggi lokal, Pemkab Balangan akan menyiapkan hibah berupa lahan untuk pengembangan kampus ITSM Balangan ini nantinya,” imbuh wabup.

Sementara itu Ketua Yayasan ITSM Balangan, Slametno mengatakan ITSM Balangan resmi berdiri dan menjadi institut teknologi yang pertama di Kalsel.

Ia optimistis ITSM Balangan akan bersaing dengan perguruan tinggi yang di Kalsel lebih khusus di kabupaten tetangga yang sudah lama berdiri, serta mampu menciptakan lulusan yang dibutuhkan dunia usaha dan bisnis masa depan.

“Kami sangat optimistis karena jurusan yang dimiliki ITSM belum ada di kampus lain yang ada di Provinsi Kalsel,” ujarnya.

Untuk program studi, di ITSM Balangan memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memiliki konsentrasi keamanan siber dan digital forensik, yang tujuannya untuk membantu aparat hukum dalam kaitan pengungkapan kasus-kasus yang berkaitan dengan kejahatan siber maupun kejahatan forensik.

“ITSM Balangan akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru pada April 2022, dengan jurusan sementara yang tersedia yaitu S1 Ilmu Komputer, S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Informasi,” pungkasnya.