Pengertian

Jurusan Teknologi Informasi atau TI mendalami solusi-solusi terkait teknologi komputer yang diterapkan pada berbagai bidang, di antaranya yakni pemerintahan, kesehatan, pendidikan, termasuk pengembangan bisnis.

Pengetahuan & Keahlian Teknologi Informasi

  • Kemampuan membangun, mengelola, dan mengembangkan sistem informasi
  • Pemahaman database
  • Kemampuan observasi dan identifikasi masalah
  • Kemampuan analisis
  • Penguasaan dasar-dasar pemrograman
  • Kemampuan komunikasi

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknologi Informasi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknologi Informasi.

  1. Banyak perusahaan baik itu perusahaan startup maupun perusahaan yang sudah stabil membuka kesempatan bagi lulusan Jurusan Teknologi Informasi. Hal tersebut karena saat ini fokus persaingan dalam memenangkan konsumen sudah banyak bergeser ke media digital sehingga diperlukan orang-orang yang dapat membantu perusahaan untuk membangun media digitalnya sendiri.
  2.  Selain dicari banyak perusahaan besar, gaji untuk karyawan atau pegawai bidang Teknologi Informasi cukup besar, karena tidak semua orang bisa bekerja sebagai pegawai bidang TI. Posisi karyawan TI sendiri dianggap berkelas karena memang pekerjaannya cukup berpengaruh dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.
  3. Jika sudah menjadi pegawai bidang TI, pekerjaannya akan sangat bervariasi. Tidak hanya berkutat dengan komputer saja, tetapi banyak aktivitas kerja yang seru seperti robotika hingga bioteknologi. Tentu ini adalah salah satu hal positif yang bisa dijadikan pertimbangan memilih Jurusan TI.
  4. Mengingat teknologi terus mengalami perkembangan, ini membuat Sarjana Teknologi Informasi terus mempelajari hal baru. Jika saat menempuh pendidikan TI yang dipelajari teori, maka saat sudah bekerja akan banyak hal baru yang didapatkan karena teknologi mengalami kebaruan yang terus menerus.
  5. Lulusan Jurusan Teknologi Informasi juga bisa menjadi freelancer yang mendapatkan fee per project dengan jumlahnya relatif besar.
  6. Berkarier sebagai ahli Teknologi Informasi memiliki jam kerja yang tergolong fleksibel karena tidak melulu di balik meja. Banyak permasalahan komputer yang nantinya diselesaikan di lapangan secara langsung. Nilai tambahnya, ahli TI lebih paham dalam urusan logika dan memecahkan sebuah masalah di kehidupan sehari-hari.

Prospek Jurusan Teknologi Informasi?

Ada banyak posisi yang bisa dipilih lulusan Jurusan TI nantinya, misalnya menjadi konsultan teknologi informasi. Konsultan TI adalah pekerjaan yang saat ini sedang naik daun. Tanggung jawab dan tugas konsultan TI adalah memberikan evaluasi pada sistem yang ada serta memberikan bantuan pada perusahaan dalam memilih cara tercepat dan termurah dalam mengoperasikan sistem.

Selain itu, lulusan TI juga bisa memilih untuk menjadi seorang arsitek cloud, profesi yang masih tergolong baru. Kemunculan profesi ini untuk mengikuti perkembangan teknologi cloud yang cukup massive saat ini. Fokus kerjanya adalah pada pengembangan sistem dan software. Arsitek cloud bertanggung jawab dalam merencanakan dan mendesain, hingga memberikan pengarahan pada masa proyek penerapan juga menjadi tugas profesi ini. Pada intinya arsitek cloud ini bekerja pada bagian teknologi dan bisnis. Untuk sisi bisnis di sini, profesi arsitek cloud perlu memahami fungsionalitas apa yang diperlukan perusahaan dan keuntungan yang bisa diambil.

Profesi lainnya yang bisa dipilih lulusan Teknologi Informasi adalah menjadi seorang digital forensik. Profesi ini juga tidak untuk sembarang orang. Hanya ahli TI saja yang bisa menjalankan profesi satu ini. Tugasnya adalah mencari, mengidentifikasi, hingga melakukan evaluasi informasi dari barang bukti berbasis digital. Ini sangat dibutuhkan karena semakin banyak kejahatan yang terjadi di tengah masyarakat lewat media digital. Penegak hukum membutuhkan bantuan ahli digital forensik dalam mengungkap segala bentuk kejahatan TI.
Selengkapnya mengenai pilihan karier lulusan Prodi Teknologi Informasi adalah sebagai berikut:
1.Insinyur Aplikasi
2.Konsultan IT
3.Programmer
4.Dosen
5.Technopreneur

Dunia Perkuliahan

Kuliah di Jurusan Teknologi Informasi nantinya kamu mendapatkan pelajaran tentang cara merancang, mengimplementasi, hingga melakukan konfigurasi dan melakukan perawatan infrastruktur yang berhubungan dengan komputer dan Teknologi Informasi.

Selama perkuliahan, mata kuliah yang Quipperian dapatkan difokuskan pada aspek teknologinya. Kamu akan dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan skill, hingga pengalaman dalam memilih produk hardware dan software yang sesuai dengan infrastruktur sistem informasi perusahaan, termasuk skill meng-upgrade hingga merawat sistem yang dibangun.

Menjadi Sarjana Teknologi Informasi harus bisa algoritma komputasi dengan baik. Mata kuliah yang didapatkan fokus pada perancangan dan pengembangan software dan aplikasi. Mata kuliah yang akan didapatkan seperti Logika Matematika, Komputasi, hingga Algoritma. Sedangkan mata kuliah yang berhubungan dengan kemampuan teknis antara lain Jaringan Komputer, System Sequrity, IT Forensik, Cloud ComputingMobile Programming, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Nantinya, para alumni atau lulusan dari Jurusan TI akan memiliki gelar S.Kom di belakang nama mereka. Setelah itu, peluang kerja pun akan terbuka sangat lebar untuk mereka.