Institut Teknologi Sapta (ITS) Mandiri saat melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Keorganisasian Mahasiswa (LK2M) kepada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa (BEM-KBM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Paringin beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Humas ITS Mandiri

Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) meningkatkan kualitas berorganisasi melalui kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Keorganisasian Mahasiswa (LK2M) kepada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa (BEM-KBM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diikuti sebanyak 40 mahasiswa.

“Kegiatan ini salah satu proses penanaman paradigma kepada pengurus agar memiliki loyalitas, dedikasi dan tanggung jawab dalam menjalankan aktivitas organisasi,” kata Koordinator Lapangan Budi Riyanto Prabowo di Paringin, Selasa.

Dia melanjutkan, selain itu juga para pengurus diharapkan dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang baik serta handal dalam mengambil keputusan dalam keadaan apapun.

Dalam kegiatan LK2M ini tambahnya, para pengurus mendapatkan materi di antaranya materi pembentukan karakter kedisiplinan,
team building, team work dan juga penyegaran pengetahuan tentang seputar kampus mulai dari visi misi sampai dengan pejabat struktural yang ada di kampus.

Sementara Presiden BEM-KBM Rizal Abdi, mengaku senang dan bersemangat menerima pelatihan ini tersebut meski dididik secara keras dan tegas karena hampir semua membutuhkan kecepatan, ketepatan berpikir dalam bertindak, tetapi sangat menggugah semangat.

“Lelah sih tapi pada akhirnya sangat berkesan, mulai dari bagaimana kita diharuskan mengerjakan setiap perintah dari masing-masing pos, kemudian mengikuti permainan-permainan yang harus diselesaikan dengan kerjasama tim serta pengambilan keputusan dan lain-lain,” tuturnya.

Menurut Riza, LK2M ini harus disikapi dan diterima dengan senang hati meski kadang ada yang menganggap penuh tekanan karena semua harus diatur, tapi itu semua memberi manfaat untuk membiasakan hidup disiplin.

“Kami berharap kegiatan ini terus rutin dilaksanakan, agar para mahasiswa yang berkecimpung benar-benar memiliki tanggung jawab dan loyalitas yang baik dalam segala hal,” harapnya.